generasi su'udzon

Postingan kali ini rada serius, jadi kalau kamu berharap bisa ketawatawa, atau bisa masak dari hasil baca postingan ini, kamu salah teman..

Memang seserius apa sih? Serius kan udah bubar?

Eh, jangan salah.. Mereka gak bubar. Malah skarang udah punya pokalis baru. Gantiin sosok iconic-nya mas cendol

Oh gitu.. Terus, kapan album barunya?

Mereka kan kemaren sempet ngeluarin single, mungkin bentar lagi mau bikin album kalik. Coba nanti aku bbm menejernya..

Wah gak sabar, kirakira bakal sedahsyat dulu gk ya?

*plak*

Kok ngebahas ben?? Katanya mau ngomong serius!!!

Oh iya...
Iya, aku pengen ngomong serius sama kamu. Sebenernya udah lama aku memendam perasaan ini, tapi..

*plak*
Bukan serius yg itu! Ah kamu nih, gk bisa dipegang omongannya! Aku benci-lepaskan aku!!

*siapa yg gandenggandeng*

>> Ok, tadi itu absurd! Lanjut ke hal yg lebih berisi.
Kalo kamu prefer, isi kacang ijo apa daging?? --> emang bakpao!

Beklah, aku mau cerita.. Kejadiannya itu udah dua hari yg lalu, alias hari kamis. Waktu itu ujan deras melanda jakarta dsk. Sebagai cewek kece yg aduhay, tentu saja aku juga kehujanan. Apalagi hari itu gak dianterin dhany ke kantor karena dia harus ikutan seminar di Hotel Mulia --> ih, ok banget, pasti esekutip muda!

Lalu lalu, aku pun turun di halte busway Al Azhar/Masjid Agung. Hujan deras. Untung kemana-mana selalu bawa payung, jadi lumayan aman. Walau ujung-ujungnya tetap sepatu dan stoking jadi rada basah..

Pas lagi enak-enak jalan di bawah hujan, dengan payung kuning di tangan.. Tibatiba..

Blak..

Payungnya rusak.. Patah, sodarasodara!
Ah, dasar payung kawe! *hadiah dari preskon*

..........

----udah? Itu doang ceritanya? Apanya yg serius???----

Eh, beluum... Maap, emang suka mutermuter kalo cerita.
Pas nyampe halte, suasananya lumayan sepi. Cuman ada 5 orang yg nunggu transJKT. Aku bediri di samping orang yg sama sekali tak terlihat seperti pak supir, karena dia gk megang kendali kuda supaya baik jalannya.

Orang ini berusia sekitar 30-40an. Kurus dan rada kecil, pake kemeja batik, celana bahan, sendal sama memeluk tas ransel. Terus dia nanya, dengan logat sunda yg kental dan suara yg lirih..

"Mau bakpaonya koh.." >> Eh, salah scene.

"Teh, kalo Kalideres masih jauh ya?"
"Masih pak," kataku sambil melongok ke peta busway. "Nanti turun di pasarbaru, terus naik yg ke kalideres."
"Oh, wah..."

Lantas dia bercerita, ternyata dia berasal dari Pandeglang, ke Jakarta untuk mencari bibinya yg bekerja di RS Fatmawati, sebagai OB. Dia sempat ngebaca *dan aku mengintip* amplop bertuliskan alamat RS. Dia sengaja datang untuk ngasihtau kalo neneknya si bibi di kampung itu telah meninggal dunia.

"Ketemu pak?"
"Enggak, disana OB-nya banyak. Gak ketemu." Lanjutnya dengan nada sedih.

Ia pun bercerita lagi, bahwa ia kehabisan ongkos karena dari pandeglang hanya membawa 40rebu saja. Bahkan untuk mencapai halte busway saja, ia harus berjalan kaki dari Fatmawati, sejak pukul 3 pagi.

Akhirnya kami naik ke transJKT. Ia duduk di sampingku. Batuk-batuk dan dia bilang kelaparan dan kehausan.

"Capek juga jalan dari sana. Belum makan dari semalem." Katanya.

Ketika halte-ku terlihat, aku lantas mengingatkannya untuk turun di Pasarbaru, sambil menyorongkan kertas berharga yg nominalnya gk terlalu besar. Paling gak, buat dia makan.. Karena ku jg lagi gk megang duit..

"Punten neng.. Makasih" lirih katanya terdengar, aku bangkit dan tak menengok lagi. Berharap akhirnya dia bisa pulang ke rumah dengan selamat.

Hmm..

Bukan, bukannya mau pamer abis bantuin orang. Sama sekali enggak. Cuma mau sharing pikiran aja.

Dulu aku adalah orang yg 'polos', dalam artian gak pernah mikir buruk soal orang lain [dalam hal ini, gerombolan peminta-minta]. Pikiran aku cuman satu, kalo ada duit lebih, kenapa gk kasih aja ke mereka? Perasaan ringan dan senyum yg terpeta kelar ngasih recehan -terkadang makanan ke mereka.

Lamalama, setelah bertemu banyak teman dengan cerita-cerita mereka, jadi suka mikir sendiri. Cerita kalo pengemis itu hanya purapura bla bla bla...

Atau juga dalam kasusku, si bapak itu purapura. Sebenernya dia emang minta duit aja. Padahal dia tau jalan, dia ngerti daerah bla bla bla...

Jujur, aku sempat mikir dua kali kalo mau ngasih orang. Karena berbagai pikiran jahat tadi..

Tapi terus aku mikir... Aku bergerak karena digerakan sama Allah. Intinya gini, apapun niat mereka, niatku baik mau berbagi. Kalo aku ngasih ke mereka, ya berarti itu rejeki mereka. Kalo enggak, ya berarti rejeki mereka dari orang lain.. Dan pahalaku dari orang lain...

Oh ya, aku tahu memberi pada gepeng itu gak akan mendidik mereka. Mereka akan merasa nyaman tinggal di sini karena gampang nyari duit. Tapi hey... Mereka kan harusnya dipelihara *sampai sekarang masih gk setuju sama kata ini, konotasinya kayak binatang!* sama negara.. Dan lihat, pemimpin negara kita bahkan tak tahu cara memelihara diri dan kepercayaan rakyatnya...!

0 komentar: (+add yours?)

Posting Komentar

ke lagu ke labu